Diposkan pada ODOP

#ODOP30 Hari Arofah

Hari Arofah setiap tahun jatuh pada 9 Dzulhijjah Kalender Hijriyah. Tahun ini hari arofah bertepatan dengan tanggal 31 Agustus 2017. Disebut hari arofah karena pada hari ini seluruh umat Muslim yang sedang menunaikan ibadah haji melakukan wukuf di Padang Arofah. Muslim yang tidak berhaji disunnahkan berpuasa.

Karenanya, puasa sehari jelang hari raya Idul Adha ini disebut Puasa Arofah. Cara berpuasanya sama yaitu menahan diri dari lapar dan haus sejak subuh hingga maghrib hanya niatnya berbeda yaitu niat puasa sunnah arofah. Hal-hal yang membatalkan puasa wajib juga membatalkan puasa sunnah.

Puasa arofah dilaksanakan mengiringi mereka yang tengah wukuf. Wukuf merupakan puncak ibadah haji dan sarat sahnya rukun Islam yang kelima ini. Seluruh Muslim dari segala penjuru dunia berkumpul di siang hari di Padang Arofah yang gersang dan tandus untuk berdiam diri berfokus pada Alloh SWT. Wukuf merupakan contoh miniatur padang mahsyar tempat dibangkitkannya dan dihimpunnya manusia setelah kematian untuk mempertanggungjawabkan kehidupannya. Apakah akan menerima buku catatan amal dari tangan kanan atau kiri?

Terbayang panasnya sengatan matahari dan pantulan gurun sehingga yang tidak berhaji disunnahkan berpuasa agar bisa turut merasakan sedangkan yang tengah berhaji haram puasa.

gambar-arafah-dari-udara
Wukuf di Arofah (daftarhajiumroh.com)

Apa-apa yang diperintahkan oleh Alloh SWT pasti mengandung hikmah. Begitu pula dengan puasa sunnah arofah, HR Muslim menyebutkan, “Puasa Arafah bisa menghapuskan dosa setahun lalu dan setahun yang akan datang.” Sebagai Muslim yang senantiasa berlomba-lomba dalam kebaikan tentu tidak ingin melewatkan waktu-waktu seperti ini bukan? Sayang sekali tahun ini saya tidak bisa berpuasa karena sedang menyusui dan kondisi anak sedang sakit. Kata guru ibadah SMA saya dulu, kalau yang tidak sahur dan belum makan boleh terus diniatkan puasa.

Saat berpuasa, doa kita mustajab. Banyak-banyak berdoa untuk kebahagiaan dunia dan akherat serta dijauhkan dari siksa neraka. Berdoa untuk apa yang kita butuhkan.

Selain itu hikmah lain puasa sunnah sebelum Hari Raya Idul Adha adalah dianugerahi kemuliaan oleh Alloh. Di antaranya keberkahan dalam hidupnya, dihapuskan dosanya, dilipatgandakan amalnya, dijamin rumah tangganya, dimudahkan kematiannya, diterangkan kuburnya, diberatkan timbangan kebaikan, diselamatkan dari kejatuhan kedudukan di dunia, dan dinaikkan derajatnya di sisi Alloh SWT (sumber klik di sini).

Temans puasa tahun ini? Semoga bisa mengambil hikmahnya bukan hanya mendapat lapar dan haus saja. Dan, semoga suatu hari kita yang wukuf di Padang Arofah memenuhi panggilanNya.

Amiin…

“labbaikallaahumma labbaik, labbaika laa syariika laka labbaik, innal hamda wanni’mata laka wal mulk laa syariika lak.” (Aku datang memenuhi panggilan-Mu Ya Allah, Aku datang memenuhi panggilan-Mu tiada sekutu bagi-Mu, aku datang memenuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala nikmat dan segenap kekuasaan adalah milik-Mu, dan tiada sekutu bagi-Mu)

 

#ODOP #BloggerMuslimahIndonesia

Iklan

Penulis:

dreamer who do :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s