Review Laptop Traveler ASUS ZenBook 13 UX331UAL

Sudah lihat video Raditya Dika di atas. Ada tiga point yang saya catat setelah melihat video yang berkolaborasi dengan Ridwan Hanif tersebut. Tiga hal yang dipertimbangkan untuk memilih laptop adalah:

1. Eco-friendly/ramah lingkungan
2. Performa handal
3. Body yang kuat

Ketiga hal tersebut dimiliki oleh Laptop ASUS ZenBook 13 UX331UAL khususnya terkait body. Kalau melihat video diatas sih percobaannya ekstrim banget ya. Dari diinjak dan diterjuni Raditya Dika yang berbobot 66.6 kg dan Ridwan Hanif dengan berat badan 81.4 kg. Kemudian dijadikan sebagai pemukul bola kasti. Puncaknya dilindas motor dan sepeda anak komplek. Dengan semuanya itu, layar laptop ini masih utuh dan masih nyala. Gokil… kata Bang Radit.

Kenapa bisa sekuat itu ya? Karena konstruksinya berbasis magnesium alloy yang membuatnya sangat tangguh. Apa sih magnesium alloy? Percampuran logam magnesium dengan metal lainnya yang disebut alloy. Umumnya campuran tersebut antara lain aluminium, zinc, mangan, silikon, tembaga, dan zirkonikum. Keunggulannya ringan dan kuat, tahan karat, tahan udara tinggi/beku bahkan tidak meleleh digunakan di dekat gunung api atau cuaca paling ekstrem sekalipun.

Kerennya lagi, laptop ini sudah memenuhi standar military grade MIL-STD 810G. Merupakan serangkaian ujicoba yang dirancang oleh militer Amerika untuk mengetes ketahanan perangkat mereka di medan perang. Uji ini memastikan kemampuannya beroperasi adalam berbagai kondisi agar bisa terus bertahan dan berfungsi sekalipun jatuh dari ketinggian. Kalau saya kok langsung membayangkannya dibawa ke medan perang ya haha… Super kece badai lah.

Dengan duo krucil yang notabene sedang aktif-aktifnya termasuk saat dalam kereta. Kalau ditaruh dibawah takut keinjak akrobat mereka, jika diletakkan diatas khawatir kegencet barang lain. Sehingga membawa laptop selalu menjadi bahan pertimbangan.

Begitu juga saat naik sepeda motor. Laptop akan saya masukkan ransel, terkadang jadi dilema jika digendong kok berat jika ditaruh di bagian depan jok kok takut kegajlek-gajlek (rawan benturan). Apalagi jika dibawa ke lokasi yang agak terpencil dengan akses jalan yang belum mulus kadang banyak lubang atau batu tersingkap. Sehingga takut mempengaruhi performa laptop.

Sepertinya ini juga menjadi kecurigaan saya, penyebab notebook saya turun performa karena dulu saat masih bekerja suka ditaruh di bagian depan jok motor. Ikut loncat jika ada polisi tidur, kejeduk jika mengerem mendadak dll.

laptop

Laptop ditaruh di depan jok motor rentan terjadi benturan

Dengan ketangguhan yang dimiliki ZenBook ini say godbye khawatir laptop kegencet dan rusak. Tidak takut berat lagi menggendong karena beratnya hanya 985 gram dengan ketebalan 13,9 milimeter.

Saat menjadi inspirator, saya biasa menyelipkan memutar video baik yang sudah saya download terlebih dahulu atau langsung dari youtube sebagai ice breaking ketika mereka mulai bosan dan agar suasana kelas kembali semangat. System audio Harman Kardon-nya memberi suara imersif yang kencang dan kuat.

Perpaduan hardware superior yang telah disesuaikan termasuk teknologi low distortion smart amplifier. Sebuah pengalaman audio terbaik yang meningkatkan volume 3,5 x menjadi nilai plus sebagai tambahan kinerjanya yang dibalut ProsesorIntel® i5 Generasi ke-8 yang supercepat, RAM 8GB, dan SSD 256GB PCle®.

Lagi asyik-asyiknya melakukan peraga tiba-tiba muncul notifikasi baterai akan segera habis. Bingung nyari colokan kesana-kesini, parahnya kalau harus menarik-narik kabel roll. Ga banget ya. Karena setiap kelas “zaman dahulu” belum dirancang dengan kemudahan colokan. Tidak seperti sekarang yang dibawah meja pun kita bisa menemukan colokan.

ZenBook menjawabnya dengan baterai lithium-polymer 50Wh yang memiliki daya tahan hingga 15 jam. Baterai polimer litium mempertahankan sebagian besar kapasitas pengisian asli mereka bahkan setelah ratusan kali siklus pengisian daya. Sehingga memberi masa baterai ini masa pakai 3x lebih lama dari baterai standar. No ribet nyari colokan lagi ya. Mengajar non-stop dan bebas berekspresi.

Namanya anak banyak orang ya, kadang ada saja yang usil membuka laptop saat ditaruh. Kadang pun saya kecolongan. Untuk itulah password atau pemberian sandi sangat penting diperlukan. Tapi tidak efektif juga setiap membuka harus mengetik sandi. So, sangat terbantu dengan cukup satu sentuhan berkat sensor sidik jari yang ada di touchpad dan Windows Hello. Cepat, praktis dan aman.

Satu lagi saya ini tipikal penulis panjang. Selain itu saya sendiri lebih nyaman mengetik menggunakan laptop karena jangkauan mata lebih besar sehingga memperkecil typo. Karenanya sangat nyaman mengetik dengan laptop. Keyboard backlit ukuran penuh dengan design kokoh akan sangat membantu dan memberi pengalaman mengetik yang luar biasa dalam segala kondisi pencahayaan.

Precision touchpad dirancang untuk kenyamanan dan akurasi maksimum, dengan penutup kaca untuk kontrol yang mulus. Didukung dengan teknologi palm rejection dan mendukung gerakan multi jari dan tulisan tangan.

Gimana-gimana keren banget ya spek unggulannya. Masih belum puas, ini dia spesifikasi lengkap laptop idaman saya bisa juga jadi #LaptopIdamanSobatTraveler atau langsung meluncur ke Asus, yuk untuk rekomendasi laptop sesuai kebutuhan Kalian.

Keterangan:

*Foto-foto:
koleksi pribadi, Asus

**Referensi:
www.asus.com
www.travelerien.com
Magnesium alloy
MIL-STD 810G

Iklan

16 comments

  1. AchiKuchi · Oktober 19

    Review-nya keren banget mbak, mantap bana 😀

    • Rina Darma · Oktober 20

      Terima kasih 🙂

  2. hani · Oktober 17

    Kelasnya keren Mbak. Semoga menang lombanya niiih…supaya makin semangat menginspirasi…
    Go Go Go!!!

    • Rina Darma · Oktober 18

      Lombanya uda beres dan ga menang, Bund. Tp insy tetep terus ikut kelas inspirasi hehe… Amiin. Makasih sudah mampir 🙂

  3. Ety Handayaningsih · Oktober 6

    Wah, keren Mba Rina sudah terlibat di kelas Inspirasi. Moga ke depan bisa makin aktif berbagi, ya.

    • Rina Darma · Oktober 7

      Amiin. Makasih sudah mampir ya, mbak…

  4. dzakyyarifin · Oktober 4

    Wawww,, sukses selalu, Kak 🙂

    • Rina Darma · Oktober 5

      Amiin… makasih ya sudah mampir 🙂

  5. alfianhoki · Oktober 3

    benar-benar kelas inspirasi yang menginspirasi semua. semoga niat baiknya akan menjadi ladang amal yang terus memberikan manfaat. nais banget mbak. btw laptop kita ternyata kembar ya,

    • Rina Darma · Oktober 3

      Amiinn… haha… iyakah. terimakasih ya sudah mampir alfian yg selalu hoki 🙂

  6. Bonit Notz · Oktober 3

    Wow.. reviewnya komplit Mb Rinn.. ASUS emang kereen..

    Salam kenal kembali ya Mba..

    *Kunjunganbalik 😊

    • Rina Darma · Oktober 3

      Hihi… Yuhu keren banget. Terima kasih sudah mampir 🙂

  7. Dzulfikar · Oktober 3

    wah, keren banget kegiatannya. semoga tetap bisa menginspirasi ya ke daerah-daerah lainnya.

    • Rina Darma · Oktober 3

      Amiin… terima kasih sudah mampir 🙂

  8. nurdin sikalem · Oktober 3

    Jatuh cinta sama laptopnya, tangguh nan mewah

    • Rina Darma · Oktober 3

      iya laptopnya keren banget ya. Terima kasih sudah mampir 🙂

Silakan meninggalkan jejak. Insya Alloh saya kunjungi balik^^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.