Dari Event BPNXJenius, Saya Belajar Ini tentang Blog…

Alhamdulillah, untuk pertama kalinya, saya bisa menghadiri Blogger Perempuan Gathering X Jenius di Lantai 27 Menara BTPN Kuningan, Sabtu, 02 Februari 2019 lalu.

Hadir perempuan-perempuan hebat dibalik berdirinya Blogger Perempuan Network (BPN) yang kini menjadi komunitas blogger perempuan terbesar di Indonesia dengan member lebih dari 4.800 blogger. Ada Kak Shintaries dan Almazia selaku founders BPN yang atas dasar kecintaan pada dunia blog mendirikan komunitas ini tahun 2015. Ada juga Kak Nunik Utami selaku content writer Blogger Perempuan yang sudah melahirkan lebih dari 50 judul buku.

Ketiganya pun secara marathon memberikan materi tentang blog dengan pembawa acara Kak Kartika Putri. Oke… lanjut,

Judul 1

Mengawali diskusi tentang blog, Kak Shintaries mengatakan apapun platform blog-nya yang terpenting adalah konten.

1

Kak Shintaries memberikan pemaparan tentang platform blog

Kemudian, kalau mau jadi profesional, seorang blogger harus memulai dengan target ngeblog-nya apa?

  • Traffic per hari
  • Popularitas – branding
  • Pembaca loyal – update
  • Penghasilan – endorser, publisher, backlink, review

Jika memutuskan ngeblog untuk jangka panjang, Kak Shintaries memberi kiat agar sejak awal memilih platform dan jangan pindah-pindah karena malah ga diindex google. Sayang juga kan ya???

Nah, platform blog yang mayoritas digunakan di Indonesia adalah blogspot, wordpress.com, dan wordpress.org. Untuk perbedaannya bisa dilihat dari tabel presentasi Kak Ries berikut:

2

Perbedaan platform blog

Semua memang ada kelebihan dan kekurangan. Selain harga dan kemudahan mengaplikasikan, yang saya tangkap dari penjelasannya adalah WordPress sejak awal memang SEO jadi traffic akan berjalan sendirinya meskipun postingnya tidak rutin sedangkan Blogspot untuk mendapatkan traffic berkesinambungan tinggi harus posting rutin atau berkala. Koreksi kalau saya salah ya.

Nah, penjelasan dari Kak Shintaries menjawab dengan gamblang uneg-uneg yang saya bawa dari rumah. Jadi saya mau nanya begini, saat ini saya masih nebeng di free WordPress. Saya ingin upgrade ke TLD. Tapi saya bingung apakah upgrade WordPress atau pindah ke Blogspot yang lebih murah? Apa saja yang harus saya pertimbangan untuk memutuskan?

Namun saya urung bertanya, penjelasan Kak Ries sudah begitu gamblang dan tercerahkan banget. Tapi saya tetap keluarkan saat berkesempatan menemuinya di akhir acara. Makasih Kak Ries.

Judul2

Materi berikutnya dipaparkan oleh Kak Almazia tentang visual blog. Nah, visual blog ini akan mendukung konten blog bahkan kadang sebaliknya karena visualnya bagus, orang jadi tertarik untuk mengetahui lebih dalam dan betah di blog kita.

Menurutnya, apa saja yang membuat blog enak untuk dibaca?

3

Kak Almazia menekankan pentingnya visual blog

  • Gampang dinavigasikan

Begitu ngomong navigasi, langsung bercermin ke blog sendiri, ini memang PR buat saya. Katanya jangan kebanyakan kategori tapi ambil saja beberapa poin yang utama, yang lain bisa dibikin sub. Kemudian yang suka dilupakan blogger adalah menu search atau kotak pencarian. Ini akan sangat membantu pembaca menemukan halaman sesuai dengan kata kunci yang diketiknya. Bisa diletakkan di menu atau sidebar.

  • Jelas bloggernya siapa?

Berkaca dari pengalamannya, Kak Almazia yang kebetulan juga seorang agency kadang menemukan blog yang bagus tapi susah mengetahui siapa bloggernya.

  • Being friendly

Sehingga sangat penting agar blog friendly. Di antaranya dengan memberikan foto profil, short bio di sidebar yang bisa di link ke about me, kontak email dan media sosial.

  • Enak dilihat

Blog yang membuat pembaca betah adalah yang tidak membuat mata pembaca lelah. Ukurannya bisa dilihat dari tema/template, usahakan tidak memilih warna neon/terang, jenis dan ukuran huruf, serta berikan ruang untuk pembaca bernafas.

Judul3

Content is The King. Kak Nunik Utami memulai pembahasannya tentang konten menarik dari sebuah blog. Konten blog yang menarik harus bisa dilihat sejak paragraf pertama. Paragraf pertama adalah kunci pembaca meneruskan hingga akhir. Ia mencontohkan agar paragraf pertama tidak bertele-tele dan tidak usah memasukkan informasi yang tidak bermanfaat atau ada hubungannya dengan pembaca.

4-1

Content Strategy menurut Kak Nunik Utami

Karena blog bersifat personal, sehingga bagaimana curhat bisa bermanfaat. Misalnya, sebagai seorang ibu yang anaknya terkena cacar. Bikin tulisan yang membantu ibu lain menemukan solusi dan harus ada temanya misalnya penyembuhannya.

Tulisan tersebut bisa diawali dengan kronologisnya yakni tanda-tanda terkena cacar. Jabarkan informasinya dan jangan lupa untuk memberi solusi.

Selain itu, sebagai penulis harus menghindari typo atau salah ketik dan menulis sesuai EYD/EBI.

Kiat dari Kak Nunik konten yang baik itu buat semenarik dan seinformatif mungkin. Jumlah kata 500 cukup tapi jika SEO 1000 kata dengan menyelipkan keyword.

Judul4

4-3

Kak Aprijanti, Kak Iva Asih, Kak Lia Harahap, dan Kak Astari dipandu oleh Kak Kartika Putri (dari kiri ke kanan) berbagi kiat dan pengalaman di dunia blogging

Marathon materi blog ditutup dengan diskusi dari empat blogger perempuan profesional yang inspiratif. Mereka adalah Aprijanti Beauty Blogger Konten, Astari Ratnadya Travel Blogger, Iva Asih Beauty Video Konten, Lia Harahap Lifestyle Konten yang dipandu sekaligus MC Kak Kartika Putri.

Yang bisa saya ambil hikmah berjumpa mereka adalah masih muda dan bisa sukses jika konsisten dan tekun berusaha keras untuk selalu menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi orang lain. Ini nih kiat yang saya comot dari ngobrol cantik mereka.

Seperti Kata Mbak Nunik, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan memberi informasi buat Kalian ya 🙂

Untuk artikel terkait Jenius dan Cerdas Mengelola Keuangan, saya tulis di post selanjutnya karena kepanjangan dan beda tema^^

7

Foto bersama member BPN dan narasumber di BPNXJenius (Foto: IG @bloggerperempuan)

Foto dan grafis: koleksi pribadi, maaf kalau kurang eyecatching karena duduk di belakang

Iklan

Silakan meninggalkan jejak. Insya Alloh saya kunjungi balik^^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.