Pengalaman Ikut Tes Simulasi CAT CPNS BKN KANREG 1 Yogyakarta

Simulasi CAT BKN 1

Hai pejuang ASN,

Mungkin sebagian teman bertanya, kok bisa tahu ada simulasi CAT BKN? Kalau aku sih kebetulan tahu dari instagram yang kebetulan aku ikuti. Kalau kenalan di lokasi, ketika aku tanya tahu informasi simulasi darimana, katanya sih dari group CPNS. Wah, ini sih niat banget ya, sampai bikin grup wa khusus buat yang ingin lolos CPNS sampai lintas daerah, lho.

Jadi, kalau pingin ikut simulasi CAT BKN, rajin-rajin pantengin media sosial terkait CPNS ya terutama dari official BKN. Kemungkinan besar bakal menyasar kota-kota besar di seluruh Indonesia tidak hanya Yogyakarta dan Semarang. Selain buat calon peserta CPNS, simulasi ini juga diperuntukkan buat pegawai BKN dalam menghadapi tes CAT sesungguhnya hiks hiks…

Nah, kalau sudah tahu informasinya jangan kebanyakan mikir. Daftar aja dulu. Jangan kaya cerita teman, kebanyakan “nanti dulu” akhirnya kehabisan kuota. Pengalaman aku, daftar aja lama banget bisa nyantolnya. Hmm harus dicoba beberapa kali dan saat mencoba itu kuota terus berkurang.

Awalnya, aku antusias banget ikut simulasi ini karena katanya tes CAT tahun ini bakalan pakai tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) kan ya? Jadi ya pingin tahu model-model soalnya.

Berikut rangkuman selama 90 menit di ruang ujian CAT:

Pembagian soal masih sama dengan ujian CAT TKD tahun 2018, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 35 soal, Tes Intelejensia Umum (TIU) 30 soal, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 35 soal. Jumlah total 100 soal dengan waktu pengerjaan 90 menit.

Passing grade yang digunakan dalam simulasi masih seperti tahun lalu yaitu TWK 75, TIU 80, dan TKP 143. Sebab, panitia mengaku belum tahu passing grade tahun ini apakah sama atau berbeda.

Untuk tipe soal TWK, sepertinya harus “nglotok” UUD 1945 berikut pasal-pasalnya. Pertanyaannya detail banget sampai kalau buatku sih ga kepikiran ya hehe…

Contoh yang masih aku ingat:

Bendera, bahasa, dan lambang negara serta lagu kebangsaan diatur dalam Undang-undangDasar 1945 tercantum pada bab… (*aku sih tahunya pasalnya wkwk…)

Untuk soal TIU, ada yang tidak aku jumpai saat ikut tes CAT 2018, yaitu tentang persamaan kuadrat.

Contoh yang aku ingat:

Persamaan kuadrat X2 -7X+10=0 memiliki akar kuadrat x1, x2. Persamaan kuadrat yang memiliki akar x1+1, x2+1 adalah… (kita akan diberi lima piihan persamaan kuadrat untuk dipilih yang benar)

Untuk TKP atau momok di ujian CPNS 2018, jauh dibawah ekspektasi. Soalnya pendek-pendek begitu juga dengan pilihannya tidak seperti tahun lalu yang berparagraf-paragraf (lebay). Soalnya banyak yang sama dengan beredar di internet.

Contoh yang aku ingat:

Terjadi pergantian pimpinan di perusahaan saya. Sikap saya…

Hasil simulasi saya lulus, dengan nilai TWK 80, TIU 85, dan TKP 149. Total 314

Puas? Ya, alhamdulillah. Rangking pertama di sesi ini skornya 354. Kalau bisa target jangan hanya lulus passing grade ya, tapi nilai setinggi-tingginya. Sebab, yang dipanggil SKB atau tes selanjutnya hanya dua kali formasi yang dibutuhkan. Jadi misalnya formasi jabatan yang aku pilih yang dibutuhin cuma 1 orang, yang dipanggil SKB hanya dua orang. Nah, nama ini ditentuin berdasarkan peringkat nilai. Jadi ga ada guna kita lulus tapi peringkat 10, ya ga akan dipanggil tes berikutnya. Ohya penting juga, kalaupun nilai kita tertinggi tapi ada satu yang tidak lolos passing grade juga percuma karena tidak akan dipanggil SKB juga. (kecuali jalur cumlaude yang diperhitungkan hanya ambang batas TIU 85-tahun lalu).

Ohya untuk tipe HOTS sendiri, aku ga tahu dalam simulasi ini sudah diterapkan apa belum. Karena aku merasa sama saja dengan tahun kemarin, malah untuk soal TKP berasa lebih gampang daripada TKP tahun 2018 yang banyak menjegal peserta CPNS.

Maaf ya kalau terlalu singkat. Kalau mau nanya-nanya atau sekedar sharing, langsung saja tulis komentar di bawah ya^^

 

Iklan

7 comments

  1. diyday · September 6

    Eh, lupa diaminin :v Aamin! Insya Allah ….

  2. diyday · September 5

    Ibu saya sempat kasih informasi soal simulasi CAT BKN ini, kirain cuma hoaks :v dan kebayangnya kayak yang waktu 2014 lalu, kalau di Bandung waktu itu di UPI dan, setelah ngantre panjang2, simulasinya cuma sekitar seperempat jam, haha, jadi kirain bakal kayak gitu lagi, enggak tahunya sampai 90 menit, ya. Kalau saya selama ini latihan CAT di website cat.bkn.go.id aja. Soalnya gitu2 aja sih, jawaban untuk TWP hampir semuanya bisa di-googling. Melihat contoh soal yang Mbak berikan, jangan2 seperti yang di website. Selamat, ya, Mbak, udah lolos TKP, hihihi.

    • Rina Darma · September 5

      Ga tahu sih di Bandung uda ada belum? Kalau pengalamanku kemarin emang seperti ujian CAT CPNS beneran gitu jd ya tata tertibnya sama juga dan hasilnya jg langsung keluar. Awalnya antusias krn penasaran soal HOTS tapi emang mirip di website sih tp nilai kok segitu2 aja hehe… Kata panitia jg, soal di simulasi ga bs dijadikan patokan cuma buat latihan aja. Haha… iyah.

      Makasih sudah mampir, maafkan daku belum sempat banyak berkunjung ke blogmu^^

      • diyday · September 5

        Belum cari tahu lagi soal yang di Bandung. Karena sudah dapat gambaran dari Mbak, tampaknya ku mau latihan di rumah aja, hehehe. Di Youtube ada sih video2 yang bahas soal TKP yang panjang2 itu. Terima kasih sudah berbagi, Mbak ^^

      • Rina Darma · September 6

        Semangat!!! G’luck for us this year… aamiin^^ hehe…

      • diyday · September 6

        Baca di Tirto, katanya baru pertengahan Oktober, ya, ada bukaan lagi. Katanya nunggu Pak Jokowi beres sama kabinet barunya dulu.

      • Rina Darma · September 14

        Sabar menunggu hehe…

Silakan meninggalkan jejak. Insya Alloh saya kunjungi balik^^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.